
Technologue.id, Jawa Barat - Persaingan pasar ponsel pintar (smartphone) di Indonesia makin ketat, terutama di segmen entry level dengan harga terjangkau. Hampir semua band memiliki perangkat seri entry level sebagai pilihan bagi pengguna yang memiliki budget terbatas.
"Persaingan smartphone di Indonesia, terutama di segmen mid dan low tuh padat banget. Sementara mid-to-high bukannya tidak desak-desakkan, tapi masing-masing punya fitur unggulan yang dijagoin. Dan inovasi fiturnya gak main-main. Setiap brand punya sesuatu yang baru di pasaran, dan inovasi. Perkembangannya cepat banget. Apalagi sekarang ada yang namanya AI (kecerdasan buatan)," ujar Miranda Vania Warokka, Marketing Head Motorola Indonesia, dalam acara Moto Adventure, di Pangalengan, Bandung, Kamis (18/9/2025).
Baca Juga:
Motorola Luncurkan Tablet Perdana, Moto Pad 60 Pro & Lite Mulai Rp1 Jutaan
Brand ponsel Motorola masuk kembali ke pasar Indonesia sejak Januari 2025 melalui produk Moto, untuk ikut berkompetisi di segmen pasar entry level dan middle range. Untuk pasar Indonesia sendiri, Motorola mengandalkan seri Moto G dan Moto Edge.
"Jadi kita sekarang fokus pada G dan Edge. G Series tuh banyak (varian) lho. Sekarang saja di pasar ada G45, G86, nanti mau ada lagi. Kalau kita bilang seri G itu mid-to-low, range nya besar. Jadi seri G itu dari harga bawah, menengah bawah, menengah, hingga menengah ke atas," tuturnya.
Dengan Key Selling Point dan harga berbeda, Motorola selalu berusaha menghadirkan fitur yang sesuai dengan segmennya melalui Moto G.
Contohnya dari aspek kapasitas baterai. Miranda menerangkan, tren baterai besar dan teknologi pengisian cepat mulai berkembang pesat. Orang-orang semakin banyak melakukan aktivitas, dan mereka semakin bergantung pada ponsel mereka.
"Misalnya ponselnya canggih, desainnya keren, dan banyak aplikasi di dalamnya. Kalau baterainya tidak mumpuni, sebenarnya agak percuma untuk bersaing di pasar. Jadi, tren baterai besar ini coba diikuti oleh G Series kami," jelasnya.
Baca Juga:
IM3 X Motorola Bundling Moto g86 Power 5G dengan Proteksi SATSPAM
Sementara untuk seri Edge, sudah ada dua model yang beredar di pasar Indonesia. Yaitu Motorola Edge 60 Fusion dan Edge 60 Pro. Keduanya merupakan seri premium yang dihadirkan oleh Motorola.
"Edge dan G ini yang sedang difokuskan Motorola di Indonesia. Untuk RAZR, kami belum bisa memastikan kapan akan tersedia," ungkapnya. "Tapi memang Motorola tidak pernah masuk full range di tiap negara. Hal ini berdasarkan analisa konsumen kita butuh yang mana."